Penelusuran Om Google

Loading...

Steaming Radio On-Line

Wednesday, November 30, 2011

Perbedaan Processor

Suara Anda 

2g ci7 78x59 Perbedaan Prosesor intel i3, i5 dan i7 ( Sandy Bridge )Apa perbedaan Processor Intel Core-i3, i5 dan i7  ?
- Intel Core-i merupakan Keluarga Processor Intel yang terbaru dengan diberikannya inovasi teknologi terbaru.
- Ada 3 macam processor dengan tingkatan terendah hingga tertinggi dimulai dari i3,i5 hingga i7 yang paling tinggi.
- Untuk saat ini core i merupakan tingkatan lebih lanjut setelah core 2 duo maupun core 2 quad
Jawaban :
Pada intel core i3, i5 maupun i7 memiliki kelebihan satu sama lain :
Kelebihan itu yakni :
1. Intel Hyper Threading : Memberikan user 4-way dan 8-way dalam pemrosesan multitask yang mengijinkan setiap core pada prosessor untuk bekerja pada 2 pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. ( Pada Core i3, i5 dan i7 yang memungkinkan performa setara bahkan melebihi real corenya amd phenom II )
2. Intel Turbo Boost : Meningkatkan performa dengan meningkatkan frekuensi core sesuai dengan permintaan pemakai secara otomatis. ( Core i5 dan i7 sehingga tidak usah susah susah OC dengan seri i5 dan i7 K anda bahkan bisa meng-OCnya lagi)
Contoh : Processor Intel Core i-7 720QM memiliki clock speed sebesar 1.60 GHz untuk minimum. Ketika menjalankan aplikasi yang membutuhkan clock speed yang tinggi. Processor secara otomatis meningkatkan clock speed hingga 2.93 GHz maksimum clock speednya. Dan ketika tidak dibutuhkan maka otomatis clock speed nya akan menurun di angka minimum clock speed. Ibarat Speedometer semakin di gas semakin cepat jalan nya kendaraan ( seperti motor matic ya ? ).
3. Intel HD Graphics : Grafik yang sudah high definition. Dibandingkan dengan Intel Graphics pada Core 2 Duo, Pada core “i” grafiknya sudah jauh lebih bagus karena sudah HD. ( Pada Core i3, i5 hingga i7 )
4. Maksimum Memory pada RAM hingga 16GB ( Maksimum memory tergantung dari masing – masing tipe processor )
5. Sudah Menggunakan module DDR3 dengan FSB 1066 MHz
———————————————————————————–
A. Core i3 = Pada core i3 hanya memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way )
B. Core i5 = Pada core i5 memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way ) dan Turbo Boost
C. Core i7 = Pada core i7 memiliki 4 Core, Hyperthreading ( 8 Way ) dan Turbo Boost
Penamaannya sendiri tetap mengikuti sistem Core i3/i5/ i7. Bedanya, prosesor Sandy Bridge menggunakan sistem 4 digit, sementara sebelumnya 3 digit. Angka pertama dimulai dari angka 2, karena Intel menganggap Sandy Bridge sebagai prosesor Nehalem generasi kedua. Selain itu, ada pula akhiran K, T, dan S. Akhiran K menunjukkan fasilitas multiplier yang bebas (tidak dikunci). Sementara prosesor akhiran T dan S memiliki TDP yang lebih kecil, yaitu 65 Watt (seri T) dan 45 Watt (seri S).
Sekadar mengingatkan prosesor Sandy Bridge polos dan K memiliki TDP 95 Watt. TDP yang kecil menunjukkan seri T dan S ditujukan untuk sistem terintegrasi seperti Home Theater PC dan lebih banyak dijual untuk pembuat PC.
Sebagai pegangan mudah Sandy Bridge tipe Core i3 memiliki 2 inti sementara untuk Core i5 dan i7 memiliki 4 inti Namun perlu diingat kalau Core i5 seri Lynnfield juga ada yang 2 inti sehingga pastikan Anda memilih prosesor Core i5 dengan 4 digit jika ingin menjajal Sandy Bridge.
Fitur lainnya seperti VT-x (Virtualization Technology) TXT (Trusted Execution Technology) maupun AES-IN (instruksi untuk membantu proses enkripsi/dekripsi file).contoh feature VT-x yang ada di Core i5-2400 namun tidak ada di Core i5-2300. Bayangkan namanya mirip namun feature di dalamnya berbeda Jadi jika Anda membutuhkan salah satu feature tersebut coba Anda cek di ark.intel.com untuk memastikan keberadaannya.
Nah bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak macam daripada prosesor ini dapat langsung mengunjungi
http://www.intel.com/p/en_US/products
sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan anda dari clock,cache hingga TDP untuk mobo kesayangan anda.untuk kemampuan OC pilihkan i5 dan i7 dengan kode ” K ” yang dipadankan dengan mobo p67 semoga berguna

No comments:

Post a Comment

Silakan Isi komentar anda dengan kosa kata yang santun, tidak mengandung kata - kata celaan dan jangan menempatkan link di dalam komentar. Terimakasih.

Buku Tamu
Get this widget