Penelusuran Om Google

Loading...

Steaming Radio On-Line

Wednesday, March 23, 2011

TIPS MEMBUAT TAMPILAN MENU APLIKASI AUTORUN MENGGUNAKAN MICROMEDIA FLASH PRO 8

Suara Anda 
      Mungkin anda pernah mengetahui jika anda ingin melakukan penginstallan suatu program dari CD/DVD dengan tampilan menu aplikasi yang terdapat didalam CD/DVD tersebut. Dengan tampilan seperti tersebut dapat memberikan pilihan pada kita apa yang ingin kita install.
Kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara membuat aplikasi menu pilihan autorun dengan menggunakan micromedia flash professional 8 yang telah terinstall di komputer.
Langgah-langkah dalam membuat tampilan autorun dapat diuraikan sebagai berikut.
A.    Membuat button
a.       Buatlah layer dengan nama:
·         Baground ( baground dapat dibuat dengan foto atau bagground dengan bentuk yang lain) dengan menggunakan menu file==>import==>import to library. Maka file yang telah di import tersebut tampil di library( berada di sebelah kanan monitor PC), kemudian drag lah file yang ingin di buat baggound tersebut ke dalam area kerja. Dan sesuaikan ukuran file tersebut untuk dijadikan bagground autorun tersebut. Kemudian klik kanan di area kerja tersebut, pada piilihan arrange pilih send to back, kemudian ulagi pilihan arrange dan kemudian pilih lock agar bagground yang kita buat tidak berubah. Untuk contoh bagground dapat dilihat pada gamber berikut.


·         Langkah berikutnya adalah buat layer baru dengan nama button
·         Kemudian pada layer button Buatlah button untuk meletakkan tulisan/ nama program. Pilihan button bermacam-macam salah satunya adalah rectangle tools dengan pilihan warna bermacam-macam di fiil color .Kali ini saya menggunakan button dari pilihan rectangle tools.
·         Langkah dalam membuat rectangle tools yaitu pilih  rectangle tools, kemudian buatlah rectangle ke area kerja dengan ukuran sesuai dengan keinginan anda. Gambar dapat dilihat sebagai berikut.

·         Pilih button yang telah kita buat tersebut, klik kanan pada button tersebut kemudian pilih convert to symbol. Pada pilihan type pilih “Botton” lalu “OK”.
·         Double klik pada button yang telah kita buat, pada layer “OVER” klik kanan, kemudian pilih insert keyframe setelah langkah tersebut kemudian gantilah warna untuk layer “over” tersebut. Kemudian kembalikan dengan mengklik “scene 1”. Jika banyak menu pilihan, copy button tersebut sesuai yang kita perlukan.
b.      Membuat text pada button
a.       Membuat text pada button dapat menggunakan pilihan text tool, dan kemudian meletakkan tepat pada tengah-tengah button nya. Gambar dapat dilihat sebagai berikut.

 c.       Membuat Actions Script pada button.
Sebelum membuat action script, kita perlu mengetahui terlebih dahulu directory isi CD/DVD tersebut agar kita tidak membuat action script yang salah.
Langkah-langkah dalam membuat action script tersebut adalah sebagai berikut.
a.       Memulai membuat script dengan membuka panel action script, kemudian ketiklah pada button tersebut:

On(press){
     getURL(“foldermenu/”file yang ingin dijalankan””);
}

Contoh untuk button Micromedia Flash professional 8

On(press){
     getURL(“programs/Micromedia Flash professional 8/setup.exe”);
}

Keterangan:
Ø  Program adalah root aplikasi dimana menu aplikasi Micromedia Flash professional 8 tersebut berada.
Ø  Micromedia Flash professional 8 adalah root program berada
Ø  Setup.exe adalah aplikasi intaller Micromedia Flash professional 8
Setelah proses pengisian action script selesai, kemudian publish untuk menjadi file berformat *.swf dengan menekan Ctrl+Shift+f12/ atau mempublish dengan memilih menu file-export-export movie. contoh lihat gambar.

d.      Membuat autorun aplikasi
Langkah pertama buka notepad
Ketiklah script berikut.

[autorun]
Open=autorun.exe
Icon=autorun.exe

Kemudian seve as dengan nama autorun.inf



??????? Selamat Mencoba ???????


No comments:

Post a Comment

Silakan Isi komentar anda dengan kosa kata yang santun, tidak mengandung kata - kata celaan dan jangan menempatkan link di dalam komentar. Terimakasih.

Buku Tamu
Get this widget